Pengertian, Dampak dan Manfaat Sukrosa bagi Tubuh

Pengertian, Dampak dan Manfaat Sukrosa bagi Tubuh – Makanan yang ditambah gula atau buah-buahan manis memang terasa lezat dan segar di mulut. Namun, tahukah Anda apa yang menyebabkan gula berasa manis? Dan apa pula yang menyebabkan buah-buahan terasa manis alami? Pemberi rasa manis pada gula dan buah sebenarnya adalah sukrosa. Untuk lebih jelas tentang Pengertian, Dampak dan Manfaat Sukrosa bagi Tubuh, simak penjabarannya berikut ini.

Pengertian sukrosa

Sukrosa merupakan senyawa lain dari gula yang juga merupakan jenis karbohidrat.  Sukrosa adalah senyawa pembentuk rasa manis yang ada pada tanaman. Sukrosa terbentuk melalui proses fontosintesis. Jadi, sukrosa memang terbentuk secara alami tanpa melibatkan proses kimia

Manfaat sukrosa dapat didapatkan jika dikonsumsi langsung dari tumbuhan karena kadar kalorinya tidak terlalu tinggi. Namun, adakalanya senyawa ini diolah terlebih dahulu menjadi gugus gula seperti halnya gula tebu dan gula beet sehingga tinggi kalori. Walhasil, senyawa yang memang sudah manis inipun menjadi terlalu manis.

Manfaat Sukrosa Bagi Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya, makanan manis terutama buah-buahan sangat diperlukan tubuh untuk memenuhi asupan vitamin tubuh. Tidak hanya karena kandungan vitamin yang ada didalamnya saja, namun yang berperan penting untuk menyeimbangkan nutrisi. Namun, kandungan sukrosa dalam buah dan sayuran juga berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia.

 

Nah, apa saja manfaat sukrosa tersebut? Simak informasinya berikut ini

 

Sumber energi tubuh

Manfaat sukrosa yang pertama adalah sebagai sumber energi tubuh. Sukrosa merupakan gugus karbohidrat sehingga mampu memberikan energi tambahan bagi tubuh. Namun senyawa ini sedikit berbeda dengan karbohidrat. Meski susunan kimianya sama, sukrosa tak dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak layaknya karbohidrat.

Manfaat sukrosa hanya bisa didapatkan tubuh jika kesehatan tubuh masih normal. Ketika tubuh masih sehat, maka tubuh dapat memproduksi enzim-enzim untuk mensitesis sukrosa dalam darah. Namun, jika tubuh sudah menurun kesehatannya, maka tubuh tak dapat lagi memproduksi enzim sehingga sukrosa menumpuk pada darah dan menimbulkan penyakit diabetes.

Cadangan lemak

Manfaat sukrosa lainnya adalah sebagai cadangan lemak. Hal ini dikarenakan sukrosa  tersusun atas fruktosa dan glukosa. Setelah dalam tubuh, sukrosa akan dipecah. Glukosa akan digunakan untuk memberikan asupan energi, sedangkan fruktosa akan ditransfer ke organ hati.

Pendistribusian fruktosa ke hati hanya akan terjadi jika  fruktosa dalam tubuh sudah mencukupi. Dalam hati, fruktosa kemudian disintesis menjadi lemak. Namun, jika fruktosa terlalu banyak tertumpuk dalam hati akan menimbulkan kerusakan hati.

 

Dampak Negatif Sukrosa Bagi Tubuh

Ternyata bukan hanya manfaat sukrosa saja yang akan didapatkan tubuh ketika mengkonsumsinya, melainkan ada pula dampak negatif sukrosa yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi sukrosa terlalu banyak. Terlalu sering mengkonsumsi sukrosa akan menyebabkan glikemik atau kesulitan mencerna karbohidrat. Dalam jangka panjang, hal ini tentu tak akan baik bagi sistem pencernaan.

Jika manfaat sukrosa seperti yang disebutkan pada subbab sebelumnya adalah untuk pembentukan energi, maka mengkonsumsi terlalu banyak sukrosa dapat mengakibatkan penumpukan gula darah. Hal ini mungkin sangat jarang disadari karena hampir setiap orang menganggap bahwa manis yang berasal dari tumbuhan tidak akan membahayakan tubuh. Namun, rasa manis tumbuhan yang berasal dari sukrosa dapat menaikkan gula darah sedikit demi sedikit. Jika dibiarkan terus menerus akan muncul penyakit gula darah, kerusakan hati dan pankreas.

Dampak negatif mengkonsumsi sukrosa terlalu banyak lainnya adalah kerusakan pada gigi. Kadar sukrosa yang terlalu tinggi akan menimbulkan rasa manis yang melekat lama pada mulut. Rasa manis dalam mulut seperti ini sangat disukai oleh bakteri. Akibatnya, bakteri dalam mulut mudah berkembang biak dan pada akhirnya membentuk plak atau karang gigi yang mampu mengikis email gigi.

Bahaya lain dari mengkonsumsi sukrosa terlalu banyak adalah resiko obesitas. Hal ini berkaitan dengan manfaat sukrosa untuk membentuk cadangan lemak. Fruktosa yang ada pada sukrosa akan menjadi bahan bakar utama dalam pembentukan lemak tubuh. Tak hanya itu, kadar sukrosa dalam tubuh yang terlalu tinggi juga dapat mengacaukan metabolisme tubuh sehingga menghambat pembakaran lemak. Oleh karena itu, terlalu banyak sukrosa dapat meningkatkan resiko obesitas.

 

Makanan Yang Mengandung Sukrosa

Pada dasarnya, ada dua jenis sukrosa yang biasa Kita konsumsi, yaitu sukrosa olahan dan sukrosa yang diambil langsung dari tumbuhan. Sukrosa olahan banyak terkandung pada makanan olahan yang bersifat manis seperti permen, dan  jus.

Sukrosa yang ditambahkan pada makanan ini biasanya sudah diolah terlebih dahulu menjadi gula dapur atau gula pasir. Namun, tak semua jenis permen atau makanan manis mengandung sukrosa karena ada alternative pemanis lain yang biasa digunakan oleh produsen makanan yaitu pemanis buatan aspartame atau pemanis sintesisi lain yang tidak mengandung kalori.

Sedangkan sukrosa dalam bentuk alami dapat diperoleh pada aneka jenis umbi-umbian, batang tebu, jagug dan berbagai sayuran yang memiliki cita rasa manis. Nah, manfaat sukrosa yang berasal dari tanaman inilah yang umumnya dapat diserap dan dicerna tubuh secara maksimal.

Berbagai dampak dari konsumsi di atas ternyata tidak sebanding dengan manfaat sukrosa bagi tubuh. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa Anda mengkonsumsi gula tebu dan buah-buahan manis dalam takaran yang cukup. Akan lebih baik jika anda menggunakan pengganti sukrosa seperti aspartame atau jenis gulai lain yang minim kalori.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian, Dampak dan Manfaat Sukrosa bagi Tubuh. Cermat  dan bersikaplah bijak dalam mengkonsumsi makanan manis mengandung sukrosa agar manfaatnya dapat Anda ambil secara maksimal tanpa harus mencicipi efek buruknya bagi tubuh.

Add a Comment

© Copyright 2021, Perusahaan distributor Minuman umum dan minuman instan MLM khasiat khusus berkualitas | MLM Partner